Halo sobat baksya, hampir sebagian klien dari baksyadesign sebagai jasa desain grafis, branding, dan home studio desain selalu bertanya bagaimana mengawali sebuah bisnis. Tidak hanya sekedar mengawali tapi bagaimana memulai bisnis itu sendiri. Akhirnya baksyadesign mencoba merangkum tips atau apa-apa saja yang perlu sobat baksya lakukan untuk memulai dan menjalankan sebuah bisnis. Simak ulasan berikut supaya sobat baksya semakin yakin untuk memulai sebuah bisnis :

1. Yakinkan dirimu
Mulailah memantapkan hati sebelum memutuskan pilihan. Jika masih setengah hati saat mulai membangun usaha, kita akan mudah dijatuhkan oleh keadaan. Meski keberhasilan di masa yang akan datang tanpa kepastian, namun dengan keyakinan setidaknya kita bisa memetakan apa yang akan kita lakukan dengan bisnis kita nantinya.

2. Persiapkan model bisnis yang akan dijalankan
Jika hati sudah mantap, cobalah untuk mulai memikirkan model bisnis apa yang akan jalankan nanti. Kita bisa mulai mencari tahu informasi tren bisnis yang sedang berkembang.

3. Berpikir “Out of The Box”
Tidak ada pebisnis yang sukses tanpa berpikir kreatif. Bisnis transportasi online misalnya, ia melihat peluang bagaimana bisnis ini nantinya menjadi solusi masyarakat urban. Nah, jadi biasakan untuk mengasah kemampuan berpikir menjadi lebih kreatif. Apalagi jasa desain grafis, branding, dan home studio desain seperti baksyadesign harus selalu kreatif guna memenuhi kebutuhan klien terkait produknya.

4. Siapkan “Visi dan Misi” yang jelas
Hal terpenting saat akan memulai usaha adalah membuat rencana bisnis yang memiliki fleksibilitas dan inovasi bisnis di dalamnya, jangan lupa sertakan “Visi dan Misi” yang jelas usaha yang tengah kita rintis.

5. Organisir diri
Mulailah dengan membiasakan diri lebih terorganisir. Hal ini sangat penting sebagai modal diri dalam mengatur usaha kita. Sederhananya, jika kita tak bisa mengorganisir diri, bagaimana akan mengorganisir semua elemen bisnis. Ya kan?

6. Rajin membuat catatan
Catat semua hal penting yang kita dapat. Mulai dari nasihat orang lain, hingga tantangan-tantangan yang kita hadapi saat mengelola usaha. Dengan harapan, bila waktunya tiba, kita tak hanya mewariskan sebuah perusahaan melainkan juga pengalaman. 

7. Fokus pada satu bisnis dulu
Jangan terburu-buru menggandakan keuntungan dengan memulai bisnis ke dua. Pastikan bisnis yang kita kelola saat ini sudah benar-benar stabil, baik dari segi modal, SDM, maupun kebutuhan-kebutuhan lainnya.

8. Siap menghadapi kemungkinan terburuk
Nyali memang diperlukan untuk benar-benar terun menjadi pebisnis. Namun, itu saja tidak cukup, analisa dan siapkan diri kita pada kemungkinan terburuk yang pasti terjadi.

9. Terbuka terhadap setiap evaluasi
Salah satu rahasia kesuksesan adalah “proses belajar”. Jadilah pribadi yang selalu terbuka terhadap kritik dan nasihat dari orang lain. Cobalah untuk melakukan evaluasi terhadap kekurangan diri pada saat berbisnis.

10. Terus belajar dan jangan cepat puas
Setiap perjalanan bisnis pasti ada “naik dan turun”. Saat bisnis yang kita kelola sedang di atas angin, jangan cepat puas. Gunakan momentum ini untuk semakin mengakselerasi bisnis. Begitupun pada saat bisnis kita sedang lesu, jangan lantas putus asa. Buka hati dan jangan malu untuk bertanya kepada pengusaha yang telah lebih dulu menjalankan bisnis.

(bersambung bagian II)