BRAND


http://www.baksyadesign.com/#services
Banyak dari kita sebagai masyarakat umum menganggap sesuatu yang telah kita ingat adalah hal biasa. Padahal, hal tersebut merupakan sebuah merek atau brand dari produk tertentu yang membuat kita telah mengasosiasikan apapun yang kita pikirkan tentang hal yang berkaitan. Misalkan saja sebuah merek atau brand kendaraan roda dua yang telah menguasai pangsa pasar Indonesia sejak lama.
Pada periode tahun tertentu, semua orang menganggap atau mengasosiasikan kendaraan roda dua adalah sebuah nama produk asal negara Jepang berlogo sayap meski yang dipakai untuk berpergian berbeda merek.
Contoh lain dari asosiasi sebuah brand yang telah melekat pada ingatan kita adalah air minum dalam kemasan yang jika pada saat kita akan membeli akan menyebutkan satu nama yang sangat familiar meski kita membeli air dalam kemasan berbeda merek.
Begitu halnya dengan pasta gigi yang pada masa dulu dan beberapa periode setelahnya, masyarakat menyebut pasta gigi dengan “odol” yang merupakan sebuah merek pasta gigi asal jerman yang dibawa tentara Hindia Belenda ketika datang ke Indonesia. Meski tidak lagi beredar, asosiasi dari pasta gigi meski dengan merek berbeda masih ada yang menyebut dengan mengatakan akan membeli “odol”.   
Maka brand atau merek/merek dagang merupakan simbol atau tulisan atau grafis dalam bentuk apapun yang diasosiasikan dengan produk atau jasa dan menimbulkan arti psikologis/asosiasi bagi konsumen atau khalayak.
Beberapa ahli mengatakan brand atau merek adalah janji penjual untuk menyampaikan kumpulan sifat, manfaat, dan jasa spesifik secara konsisten kepada pembeli (Kotler, Armstrong, 1997:283). Brand adalah ide, kata, desain grafis dan suara/bunyi yang mensimbolisasikan produk, jasa, dan perusahaan yang memproduksi produk dan jasa tersebut (Janita, 2005:15). 
Brand adalah identitas tambahan dari suatu produk atau jasa yang tak hanya membedakannya dari pesaing, namun juga merupakan janji produsen atau penyedia jasa atau kontrak kepercayaan dari produsen kepada konsumen dengan menjamin konsistensi bahwa sebuah produk akan selalu dapat menyampaikan nilai yang diharapkan konsumen dari sebuah produk/jasa.
Bentuk grafis dari sebuah brand biasanya dicitrakan dalam visual gambar atau logo atau tulisan tertentu yang memudahkan konsumen atau calon pembeli mengenali merek atau brand dari produk atau jasa yang bersangkutan.
Jika brand adalah hal yang diasosiasikan dengan sesuatu produk/jasa maka logo adalah bagian dari unsur merek atau brand yang keduanya bisa jadi saling berkait satu dan lainnya.
Lebih rumit lagi, brand meliputi logo, nama, warna, identitas, aktifitas pemasaran, strategi dan hal yang didalamnya mencakup sebuah cara mengikat masyarakat dengan satu nama tertentu agar tidak ada yang dapat menjadi pesaing masyarakat dalam rangka mengasosiasikan hal tertentu dengan merek dagang atau brand yang telah produsen atau penyedia jasa sediakan.
Untuk itu, baksyadesign siap membantu anda mewujudkan merek dagang anda agar mudah dikenal oleh masyarakat. Mengasosiasikan produk/jasa anda dengan citra desain grafis atau visual yang memudahkan konsumen atau calon konsumen mengenali produk/jasa anda.